Berita  

Korban Hanyut di Sungai Aek Silang Humbahas Sumatera Utara Akhirnya Ditemukan

Pencarian Korban Juniman Gulo (38) yang Dilaporkan Hanyut di Sungai Aek Sil, Kec. Dolok Sanggul, Kab. Humbahas, Sumatera Utara (sumber: Basarnas)
Pencarian Korban Juniman Gulo (38) yang Dilaporkan Hanyut di Sungai Aek Sil, Kec. Dolok Sanggul, Kab. Humbahas, Sumatera Utara (sumber: Basarnas)

Jakarta – Pencarian Korban atas nama Juniman Gulo (38) yang dilaporkan hanyut di sungai Aek Silang tepatnya di Desa Simangaronsang PLTMH Kec. Dolok Sanggul Kab. Humbahas pada Jum’at (3/11/2023) lalu akhirnya membuahkan hasil.

Korban ditemukan oleh Tim SAR gabungan pada hari ini, Senin (6/11/2023).

“Alhamdulillah, berkat sinergitas yang baik seluruh unsur yang terlibat sekitar Pkl.10.20 Wib akhirnya Tim SAR gabungan menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia,” ujar Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta pada Senin (6/11/2023).

Adapun pencarian korban dilakukan oleh Basarnas, BPBD, Gaji, PLN, Koramil 05 Doloksanggul dan Pemerintah setempat.

“Korban akhirnya diketemukan sekitar 300 meter dari lokasi korban hanyut dan berhasil dievakuasi ke ambulans setengah jam kemudian,” ujar Budiono.

Budiono mengatakan bahwa sejak hari pertama, Tim SAR gabungan langsung berkoordinasi dengan PLN agar menurunkan debit air supaya mudah menyusuri sungai.

Akan tetapi sebelumnya, tim turun ke sungai untuk melakukan penyisiran.

Selain itu, tim juga melakukan pantauan dengan menggunakan Drone.

Hal ini disebabkan karena aliran air sungai sangat deras dan ekstrim.

Sementara, terpisah Koordinator Pos Basarnas Danau Toba selaku OSC pada pencarian korban tersebut mengatakan korban diserahkan kepada pihak keluarga untuk dibawa ke kampung halaman di Sibolga untuk disemayamkan.

Diketahui sebelumnya pada Jumat 3 November 2023 pukul 09.30 Wib telah terjadi KMM orang Hanyut di  Sungai Aek silang Desa Simangaronsang PLTMH Aek silang Kec. Doloksanggul. Kab. Humbahas.

Kejadian itu berawal saat korban menyeberangkan Kayu di Sungai tersebut hingga mengakibatkan korban hanyut dan terbawa arus derasnya sungai.

Pemerintah setempat dan masyarakat telah melakukan pencarian namun belum diketemukan.

Hingga BPBD Humbahas melaporkan ke Pos SAR Danau Toba guna meminta bantuan SAR. (jwl)