Gawat! Pesawat Siap Terbang, Penumpang Buka Jendela Darurat

KabarNewsOne, Delisredang – Jadwal penerbangan pesawat Wings Air ATR 72-500, rute Medan-Gunung Sitoli, Sabtu (7/3) sempat terlambat.

Keterlambatan dipicu lantaran salah satu penumpang dengan sengaja membuka jendela darurat pesawat (emergency exit window). Sontak pihak peristiwa ini membuat awak kabin terkejut. Pesawat pun akhirnya batal terbang.

Peristiwa ini bermula saat pesawat dengan nomor penerbangan IW-1248 tujuan Medan, hendak berangkat dari Bandar Udara Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara, pukul 08.45 wib.

Pesawat yang membawa empat awak kabin dan 45 penumpang, satu di antaranya anak-anak itu sudah bersiap untuk terbang. Namun riba-tiba, salah satu penumpang laki-laki berinisial HS (29) yang memiliki nomor kursi 3A membuka jendela darurat pesawat.

Peristiwa ini sontak membuat awak kabin terkejut. Akibatnya, seluruh penumpang diturunkan dan diarahkan kembali ke ruang tunggu keberangkatan.

“Sesuai SOP, awak pesawat menginformasikan kepada petugas layanan darat (ground handling) dan petugas keamanan (aviation security), agar segera dilakukan penanganan kepada penumpang berinisial HS,” ujar Danang Mandala Prihantoro, Communications Strategic of Wings Air.

Ditambahkan Danang, bagi penumpang indisipliner akan mendapatkan sanksi tegas dan memiliki konsekwensi hukum.

Atas peristiwa tersebut, penerbangan mengalami keterlambatan 55 menit. Dan penumpang berinisal HS sudah diserahkan kepada pihak terkait beserta Otoritas Bandar Udara, untuk diproses lebih lanjut. (den)