Jembatan Penghubung Antar Desa di Empat Lawang Putus

KabarNewsOne, Empat Lawang – Intensitas hujan yang tinggi dan banyaknya tumpukan sampah membuat Sungai Ayek Bayau meluap. Akibat kondisi tersebut, jembatan penghubung antar Desa Muara Danau, Lubuk Tapang, Kecamatan Lintang Kanan ambruk, Sabtu (3/4) dinihari.

Akses jalan penghubung antar desa ini terputus. Roda perekinomian lumpuh, aktivitas warga terhambat.

Putusnya jembatan akibat derasnya arus air, serta intensitas hujan yang tinggi sejak malam hari. Karena tak kuat, jembatan akhirnya ambruk.

Jalan penghubung antar kecamatan terpaksa dialihkan sementara karena tak bisa dilewati.

Menurut Edo, salah satu warga Desa Babatan Kecamatan Lintang Kanan, mengatakan untuk kendaraan roda dua dan empat terpaksa putar balik menuju ke Kecamatan Muara Pinang.

“Kalau melewati jembatan tersebut hanya butuh waktu 10 menit saja, tetapi ketika putar lewati Kecamatan Pendopo memakan waktu sekitar 45 menit,” ujar Edo.

Sementara itu, Kades Muara Danau Wazi mengatakan, saat ini mereka telah berkordinasi ke pihak terkait.

“Kita masih bersyukur jembatan itu tidak langsung dibawa arus, hingga kita masih bisa terbantu menggunakan tangga yang terbuat dari kayu dan bambu untuk pejalan kaki,” jelas Wazi.

“Dan Alhamdulillah aktifitas anak-anak yang sekolah pun tak terganggu. Mereka masih bisa lewat, jadi tidak usah mutar lagi,” tambah Wazi. (mb)