HUT Ke14 Kabupaten Empat Lawang Dapat Perhatian Penuh Gubernur Sum-Sel

Memasuki usia ke 14 kabupeten empat Lawang, menggelar Rapat Paripurna, di hadiri oleh Gubernur Palembang, Herman Deru, (Photo: MB)

KabarNewsOne, Empat Lawang, Sum-Sel – Dalam rangka memperingati HUT ke-14 Kabupaten Empat Lawang, ” Pada tanggal 20 April kemarin, Pemkab Empat Lawang menggelar rapat paripurna di Gedung Serba Guna (GSG), Rabu (21/4).

Rapar paripurna dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru didampingi Ketua TP PKK Sumsel, Febrita Lustia Herman Deru, DPR Provinsi, Forkompinda dan seluruh pejabat Empat Lawang mulai dari Kepala Dinas sampai Kades sekabupaten.

Ketua DPRD Empat Lawang, Persi menjelaskan kalau rapat paripurna merupakan acara puncak dari rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Empat Lawang, daerah yang baru berdiri ini masih fokus pada sektor pembangun dan iprastruktur daerah.

” Dengan APBD 1 triliun pertahun masih belum bisa berbuat banyak, kami minta bantuan provinsi untuk meningkatkan pembangunan agar dapat sejajar dengan kabupaten kota yang ada di Sumsel,” kata Persi, Rabu (21/04).

Senada, Bupati Empat Lawang, H. Joncik Muhammad menuturkan kalau masa kepemimpinannya saat ini sudah masuk tahun ke tiga dan sudah mampu menunaikan beberapa janji – janji politiknya, ” di antaranya melakukan riset untuk mengetahui apa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat Empat Lawang pada saat ia menjabat.

Yang pertama bidang keamanan, kedua bidang agama, ketiga bidang pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan kualitas tata kelola pemerintah, keempat bidang kesehatan dan pendidikan, dan kelima bidang pertanian.

“Sebab kalau mau makmur harus aman Terlebih dulu dan kalau sudah aman baru bisa kita melaksanakan program yang lain,” ucapnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kepedulian nya Gubernur, Sumatera Selatan, yang selama ini banyak membantu ke Kabupaten Empat Lawang melalui Dana Bantuan Gubernur (Bangub) dan ia berharap agar tahun ini juga akan bisa mendapat lagi dengan nominal yang lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya untuk membangun Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati. ” Ujarnya

” Pada tahun 2020 lalu kita mendapat 86 Miliyar dari pak Gubernur semoga tahun ini bisa lebih dari itu,” ucap Joncik.

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru juga dalam sambutannya menyampaikan guna mempercepat pembangunan infrastruktur di kabupaten Empat Lawang, bantuan dari Provinsi di setiap tahunnya selalu naik. Dimana jika pada tahun 2019 ada 94 miliar lebih maka pada tahun 2020 bantuan untuk kabupaten Empat Lawang naik menjadi 134 miliar.” Hal itu Khusus untuk Empat Lawang ada kenaikan jumlah dana bantuan dari provisi, untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Empat Lawang,” Kata Herman Deru.

Dirinya juga menyoroti angka kemiskinan yang masih tinggi di Empat Lawang dan meminta agar Bupati beserta DPRD untuk mencari jalan keluarnya agar angka kemiskinan bisa ditekan.

“Harus dicari solusinya untuk mengatasi angka kemiskinan yang masih tinggi ini, Imbaunya, semoga di ultah ke-15 nanti biaya hidup di Empat Lawang lebih murah agar banyak investor yang tertarik untuk berniaga dan bisa menurunkan angka kemiskinan,” pintanya.

Di akhir acara Gubernur juga menyerahkan mobil operasional untuk ketua TP PKK Empat Lawang karena dinilai sudah bekerja dengan baik dibandingkan TP PKK kabupaten Kota lain. (mB)