Oprasi Ketupat Berlaku, Penyekatan Dimana-mana

Oprasi Ketupat diberlakukan, petugas periksa kendaraan yang melintas di jalur tikus. (Foto: Berkat)

KabarNewsOne, Ogan Komering – Puluhan petugas gabungan dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan sudah berada di pos penyekatan operasi ketupat mudik 2021 (lokasi berada di pom bensin) perbatasan Mesuji Ogan Komering Ilir dan Provinsi Lampung.

Dari data yang diperoleh, setidaknya sekitar 5 kendaraan pribadi yang dipaksa petugas terpaksa putar balik akibat nekat melintas di pos penyekatan tersebut

“Sejak tadi pagi sudah ada 4 mobil yang datang dari arah Lampung hendak masuk ke Kabupaten OKI yang kami paksa pulang. Sedangkan arah sebaliknya ada 1 mobil pribadi yang kami paksa putar arah,”
Kata Kepala pos penyekatan, Iptu Made Oka Subawa, Kamis (6/5).

Terlihat salah satu pengemudi dengan plat BE (Lampung) mencoba mengakali petugas dengan cara hendak mengisi bensin.

“Saya dari sinilah pak (Desa Pematang Panggang), tujuan kami mau ke Desa Sungai Sodong ada acara keluarga disana,” jelas pria dengan berbagai dalih.

Namun saat didekati para petugas kepolisian, pengemudi tersebut tidak dapat menunjukkan surat-surat kendaraan. Serta 3 penumpang lainnya enggan menunjukkan Kartu Tanda Penduduknya.

“Mana surat-surat kendaraan sama KTP kalian kalau benar asli warga sini. Dari tadi banyak alasan saja,” ujar salah satu petugas yang menanyakan pengendara.

Setelah terjadi perdebatan panjang, petugas memutuskan untuk memaksa pengendara untuk putar balik ke Lampung.

“Bapak tidak bisa menunjukkan dokumen, jadi silahkan pulang lagi ke Lampung,” ujar petugas pos penyekatan. (kat)