Bupati Banyuasin, Salurkan Bantuan Kematian Buat Warganya

Bupati Banyuasin, Sum-Sel, dan camat Banyuasin, bagikan uang kerohiman santunan musibah kematian bagi warganya, Kepda 22 ahli waris, senilai 500 Ribu perorangan, demi untuk meringankan warga nya,(Photo), Zal

KabarNewsOne, Banyuasin, Sum-Sel -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin melalui Kecamatan Banyuasin I menyerahkan santunan kematian kepada warganya, Ahli musibah

Acara penyerahan ini digelar di ruang rapat Kantor Camat Banyuasin I, Jalan Sabar Jaya, Kelurahan Mariana, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Kamis (12/8/2021) siang.

“Kami melaksanakan kegiatan program Bapak Bupati Banyuasin Akaloni Jasi, yaitu pelaksanaan pemberian santunan kepada ahli musibah yang meninggal,” jelas Camat Banyuasin I Lakoni Syafran.

Dia mengatakan, untuk tahap kedua ini, ada 22 ahli waris yang bermukim di Kecamatan Banyuasin I yang menerima santunan kematian. Untuk nominal santunan ini sebesar Rp500 Ribu per ahli waris.

“Insya Allah, kedepan kalau persyaratannya lengkap semuanya tersalurkan. Ini program, yang sangat baik dan bagus. Dia (Bupati) peduli kepada masyarakat yang terkena musibah. Nominalnya, walaupun tidak seberapa, tapi bagi masyarakat sangat bermanfaat,” kata Lakoni.

Masih dikatakan Lakoni, kegiatan ini akan dilakukan secara terus menerus di Kabupaten Banyuasin. Apalagi saat ini sedang masa pandemi Covid-19. “Kami juga sudah merekap warga Banyuasin I yang meningga dunia, baik karena pandemi atau tidak” jelas dia.

Sementara itu, Kabid Catatan Sipil (Capil) Bambang Irawan mengatakan, pengurusan untuk pengajuan proses santunan kematian tidak sulit.

“Pertama permohonan ke Bupati Banyuasin melalui Dinas Dukcapil, surat kematian dari Kades, akte kematian dari Capil, surat keterangan ahli waris. Terakhir KTP dan KK asli maupun fotocopy,” jelas dia.

Masih dikatakan Bambang, Kabupaten Banyuasin telah menganggarkan dana sebesar Rp500 juta untuk santunan kematian yang dicairkan kepada ahli musibah.

“Kalau untuk titik hampir semua kecamatan. Kalau untuk yang tersalurkan, tahap I ada 18, kedua 37 orang dan ketiga masih dalam proses,” pungkasnya.(Zal)