“Angka korban Covid makin meningkat”? Rakyat Cuek saja

jumlah korban positif Corona akhir-Ahir ini makin meningkat apakah ini karena perubahan cuaca?

KabarNewsOne. Jakarta-pemerintah melalui gugus tugas memperbaharui angka penyebaran Corona di tanah air. Tercatat pada Rabu kemarin, jumlah pasien positif mencapai 6.725 orang, sehingga menjadikan angka pasien positif selama 9 bulan masa pandemik berjumlah 636.154 orang.

Selama 2 pekan ini, tercatat angka kenaikan pasien positif konsisten diangka 5 ribu hingga 6 ribu kasus. Bahkan pada tanggal 3 Desember, pasien positif mencatatkan rekor baru sebanyak 8.369 orang. Apakah ini akibat dari pengaruh cuaca?

Pemerintah pun, melalui Satgas Penanganan Corona, mencatat terjadinya lonjakan Positivity Rate, yang semula 13,81% menjadi 18,1%. Angka ini sudah melebihi standar yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia – WHO, sebesar 5% saja.

Lalu, apakah penyebab lonjakan ini semakin tinggi? Kesadaran masyarakat akan berbahayanya penularan Virus Corona yang semakin menurun dan mengganggap sepele masalah ini? Ataukah, semakin longgarnya aturan dan penindakan yang dilakukan para pemangku kebijakan?

Lalu bagaimana kesiapan para petugas medis dan saran fasilitas kesehatan, menghadapi lonjakan yang semakin hari kian tinggi ini? Apakah masih memadai atau sudah memasuki zona merah, sehingga perlu diwaspadai dengan segera?