” Arus Balik Lebaran, Penyekatan Jadi Pemeriksaan?

Kokoelantas Polri pastikan pemudik yang ingin balik ke Jakarta akan dilakukan pemeriksaan ketat Terkait, Covid 19, (Photo), KabarNewsOne

KabarNewsOne, Jakarta – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono memastikan para pemudik yang akan kembali ke Ibu Kota bakal dihadapkan dengan pemeriksaan ketat. Senin (17/5)

Setidaknya, sebanyak 109 check point atau penyekatan sudah disiapkan di seluruh wilayah Indonesia guna memastikan para pemudik membawa surat swab antigen atau PCR sebelum memasuki DKI Jakarta.

Adapun jumlah 109 pos penyekatan tersebut merupakan kolaborasi antara Polri dan Satgas COVID-19 di wilayah.

Bahkan Kombes Pol Rudi Antariksawan, Kabag Oprasi Kakorlantas Polri, ” menjelaskan operasi ketupat selesai tgl 17 mei dan 18 mei sampai 24 mei dilaksanakan kegiatan Kepolisian Rutin yg ditingkatkan sesuai standar Protkes Satgas bahwa waktu tersebut merupakan periode pasca peniadaan mudik, masa pengetatan perjalanan, Ucapnya

Bagaimana pemeriksaan masuknya Masyarakat ke kota jakarta, Sanksi apa bagi yang tidak punya surat swab Antigen.

Sementara itu, dr. Jusuf Kristianto, ahli kesehatan masyarakat, Menyatakan pengawasan dan kesadaran masyarakat yang terpenting di arus balik ini. Pengawasan saat ini sangat terbatas, masih banyak jalur tikus yang tidak diawasi, sehingga masyarakat masih leluasa untuk mudik ke kampung halaman atau kembali ke daerah asal.

Masyarakat juga harus dibangun kesadarannya untuk mau secara sukarela melaporkan diri dan memeriksakan diri untuk dilakukan tes. Untuk pengguna Transportasi udara atau kereta api relatif lebih mudah pengawasannya, Karena mereka diwajibkan melakukan tes sebelum melakukan perjalanan.

Yang agak riskan adalah pengguna kendaraan pribadi,baik mobil ataupun motor. Mereka kan tidak ada kewajiban dites dan membawa surat keterangan bebas covid,(Yn)