Indonesia Dilarang Masuk Arab Saudi, Umroh 2021 Kembali Ditunda.

KabarNewsOne,Jkt-Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan larangan sementara terhadap penerbangan dari 20 negara, termasuk Indonesia. Larangan itu mulai berlaku Rabu (3/2/2021). Aturan ini mengakibatkan perjalanan umroh 2021 kembali tertunda.

Selain Indonesia, Arab Saudi melarang penerbangan dari Argentina, Uni Emirat Arab, Jerman, Amerika Serikat, Irlandia dan Italia.Kemudian, Pakistan, Brazil, Portugal, Inggris, Turki, Afrika Selatan, Swedia, Switzerland, Prancis, Lebanon, Mesir, India dan Jepang.

Sebelumnya larangan masuk sempat diberlakukan Arab Saudi pada 21 Desember 2020 saat ditemukan jenis baru virus corona yang dikhawatirkan berdampak buruk pada penyebaran COVID-19 di Arab Saudi.

Larangan berlaku terkecuali bagi warga Negara Araf Saudi,Diplomat, Praktisi serta tenaga ahli kesehatan juga keluarga mereka. Kelompok yang dikecualikan bisa masuk ke Saudi yang berasal dari negara-negara yang disebutkan di atas atau yang melewati dari salah satu negara tersebut dalam 14 hari terakhir, harus mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Dampak dari semua ini banyak dari biro umroh dan travel, kaget bagaimana dengan nasib jamaah mereka yang mau berangkat umroh tahun ini, Akhirnya gagal, sedangkan mereka sudah siap untuk diberangkatkan, tiba-tiba. Mencuat Araf Saudi lockdown kembali. “Ujar salah satu pengurus umroh haji”. Ya harus bagaimana lagi kita ini sudah ada larangan.

Langkah penutupan pintu masuk Arab Saudi dari negara-negara di atas sesuai dengan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian penyebaran virus Corona, yang direkomendasikan oleh otoritas kesehatan di Kerajaan Arab Saudi.