Joko, Satu Dari Belasan Ribu Keluarga Miskin Di Pagaralam

KabarNewsOne, Pagaralam – Di jaman moderen seperti ini ternyata masih banyak warga yang hidup di bawah garis kemiskinan. Tempat tinggal tak layak, makan sulit, apalagi untuk biaya pendidikan. Kondisi ini tentu cukup memprihatinkan.

Kesulitan hidup ini salah satunya dialami oleh keluarga Joko, yang tinggal di Dusun Sukacinta RT 01 RW 04, Kelurahan Atung Bungsu, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan.

Tempat tinggal Joko cukup memprihatinkan. Ia tinggal di rumah yang cukup sempit bersama istri dan empat anaknya.

Setiap harinya Joko hanya bekerja serabutan. Sementara istrinya sudah lama mengidap keterbelakangan mental.

Karena kondisinya yang serba kekurangan, empat anaknya yang terdiri dari dua lelaki dan dua perempuan, mengalami kekurangan gizi.

Kondisi rumah Joko yang hanya berukuran 3×4 meter, tentu sangat tidak layak huni.

Dinding tempat tinggal keluarga Joko nampak reyot. Jika hujan turun, air masuk ke dalam. Repotnya lagi, rumah Joko hanya berlantai tanah. Bisa dibayangkan jika hujan turun.

Melihat kondisi kekuarga Joko yang hidup serba kekurangan ini, membuat Princes Mahesa, salah satu Selebgram di Pagaralam, ternyuh. Ia pun memberi bantuan berupa sembako.

“Saya sangat berterimakasih atas bantuan ini. Bantuan ini sangat berharga sekali untuk keluarga saya. Apalagi di masa pandemi ini, dimana pekerjaan yang saya dapat tidak menentu,” ucap Joko.

Sayangnya, kondisi hidup yang dialami keluarga Joko belum mendapat perhatian dari pihak pemerintah daerah setempat.

Sementara itu, berdasarkan data dari Kementrian Sosial Republik Indonesia, sampai dengan Februari 2020, jumlah keluarga miskin di Kota Pagaralam mencapai 15.093 kepala keluarga, atau 46.601 jiwa.

Lalu, apakah keluarga Joko masuk dalam jumlah ini?

Keluarga Joko harus dibantu. Ini sudah menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah Pagaralam. (kiki)