Kemendagri: Pemenang Pilkada Segera Akan Dilantik.

KabarNewsOne,Jkt-Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Mengingatkan kembali kepada pemenang pilkada serentak 17 Febuari 2020 Lalu. “Segera akan di Lantik semua. Namun hingga saat ini Mereka belum menentukan jadwal pelantikan kepala daerah pemenang Pilkada Serentak 2020” tersebut.

Menurut Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik, pihaknya hanya ingin memastikan bahwa kepala daerah langsung bisa bekerja usai dilantik nanti. Karena banyak Tugas yang ditinggalkan oleh kepala daerah yang lalu belum tuntas.”Ucapnya”.

Baca juga:Revisi UU Pilkada, “Karpet Merah” Capres 2024?

“Saya belum bisa kembali pastikan jadwalnya. Harapan kami pada 17 Februari semua kepala daerah terpilih sudah rampung dilantik, kecuali yang masih bersengketa,” ujar Akmal, usai Ngopi dengan Tim KabarNewsOne, di kantor Otda Merdeka Barat.

Soal kepastian jadwal pelantikan, Menteri Dalam Negeri menurutnya masih mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo. Nah semua itu tergantung perintah presiden. ” Ya kalau kita tinggal melaksanakan tugas saja”. Ujar beliau.

Pihaknya berharap pelantikan sudah digelar sebelum 17 Februari karena tanggal tersebut adalah akhir masa jabatan kepala daerah yang dilantik pada 2016 lalu.

“Kami ingin menghindari terlalu banyak penjabat kepala daerah,” ujar Akmal. “Soal teknis pelantikan, pihaknya pihak Gubernur bisa melakukan nya dengan Cara virtual, guna untuk menghindari kerumunan”.Ucapnya.

Ada sekitar 270 yang menyelenggarakan pilkada serentak. Yang meliputi 9 Propensi 224 kabupeten & kota. Tuturnya.