Komjen Listyo Sigit Prabowo, Calon tunggal Kapolri. Gantikan idham Azis, Pilihan Jokowi.

KabarNewsOne,Jkt – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengirim surat ke DPR terkait calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang masuk masa pensiun. Dalam surat tersebut, Jokowi menunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri.

Jokowi mengutus Mensesneg Pratikno untuk mengantar langsung surat ke parlemen, Rabu (13/1). Pratikno datang ke parlemen sekitar Pukul 10.00 WIB. Dia disambut Sekjen DPR dan langsung menemui pimpinan DPR di Gedung Nusantara III.

Terpilihnya Komjen Pol Listyo Sigit merupakan calon tunggal yang dipilih langsung oleh Presiden Jokowi.

Selanjutnya, Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi III DPR yang merupakan mitra kerja Polri.

Mantan ajudan Jokowi ,, dipilih langsung jadi Kapolri, Orang no 1 di Tronojoyo.

Nama Listyo Sigit sebagai calon Kapolri kepada DPR. Terdapat lima calon Kapolri. Mereka ialah Gatot Eddy Pramono, Boy Rafli Amar, Listyo Sigit Prabowo, Agus Andrianto, dan Arief Sulistyanto. Tak perlu disebut pangkat dan jabatan mereka, meski itu menunjukkan prestasi dan kemampuan mereka karena yang lebih penting jangan-jangan agama daripada prestasi dan kemampuan. kini andidat Kapolri seakan menunjukkan identitas lebih penting daripada kualitas. Sebelumnya, beredar di berbagai grup aplikasi pertukaran pesan nama-nama jenderal polisi.

Kapolri 2021 telah ditunjuk langsung Sigit untuk memimpin polri kedepan, padahal di tingkat polri sendiri banyak orang-orang yang berkualitas dan berpengalaman buat memimpin polri tersebut.