Pemerintah Indonesia Lepaskan Bantuan Kemanusiaan Untuk Pakistan, Pasca Bencana Alam

Sekitar 1000 Jiwa manusia warga Pakistan, terpaksa di ungsikan akibat bencana alam melanda Negara tersebut, Pemerintah Indonesia, Juga telah mengirimkan bantuan ke negara Tersebut, (Photo), Istimewa

KabarNewsOne, Jakarta – Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo, secara resmi melepaskan bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia kepada korban bencana alam banjir dan tanah longsor di Pakistan, melalui Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Senin, (26/9/2022)

Presiden menyampaikan ucapan dukacita yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa akibat bencana yang terjadi., ” terangnya

“Atas nama pribadi dan juga nama rakyat Indonesia, saya menyampaikan dukacita yang mendalam tragedi jatuhnya korban jiwa akibat bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Pakistan,” ucap

Kepala Negara menuturkan bahwa bencana tersebut menimbulkan dampak yang luas biasa bagi masyarakat Pakistan, seperti kerusakan tempat tinggal dan berbagai macam infrastruktur. Yang ada dikawasan tersebut

Peristiwa “Bencana banjir dan tanah longsor di Pakistan juga menimbulkan dampak yang luas bagi rakyat Pakistan, hal ini dirasakannya.

Kerusakan yang luar biasa ini merusak lahan pertanian, kerusakan sekolah, kerusakan rumah, dan juga infrastruktur. Serta memaksa kurang lebih 800 ribu jiwa terpaksa mengungsi,” tutur Kepala Negara.

Oleh karena itu, Presiden menyampaikan bahwa Indonesia menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa bantuan tunai sekitar USD1 juta serta bantuan kebutuhan dasar untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana di Pakistan.

“Demi untuk meringankan beban saudara-saudara kita di Pakistan dan sebagai wujud solidaritas internasional, pemerintah Indonesia wujudkan memberikan bantuan kemanusiaan berupa kurang lebih USD1 juta bantuan secara tunai dan juga bantuan barang-barang yang hari ini segera kita berangkatkan,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden berharap agar bantuan tersebut dapat membantu mempercepat penanganan dan pemulihan pascabencana sehingga masyarakat dapat beraktivitas kembali seperti biasanya.

Selain itu, Presiden berharap nantinya pemerintah Indonesia juga akan mengirimkan tenaga kesehatan ke Palestina.,” harapnya

“Seusai dengan permintaan dari pemerintah Pakistan, saya juga tengah menyiapkan bantuan berupa tenaga kesehatan yang nantinya segera dikirimkan untuk memberikan pelayanan medis kepada warga Pakistan yang terdampak,” tutur Kepala Negara.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa bantuan tersebut akan segera dikirimkan pada hari ini, 26 September 2022.

“Sekarang (pesawat) sudah siap-siap berangkat, dan yang satu lagi pesawat akan berangkat nanti malam, dan akan disertai oleh rombongan yang akan mewakili pemerintah Indonesia di sana, yang akan saya pimpin langsung. Tadi mendapat perintah langsung dari Bapak Presiden untuk saya berangkat bersama Kepala BNPB dan rombongan termasuk dari perwakilan NGO,” tutur Muhadjir.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan Wakil Duta Besar Pakistan untuk Republik Indonesia Muhammad Faisal Fayyaz.(Noval)