Polisi Gagalkan Penyeludupan Ratusan Kg Daging Celeng, Hutan Sumatra siap dipasarkan ke Pulau Jawa.

KabarNewsOne, Lampung-Lagi-Lagi Petugas Kesatuan Penyebaran Bakauheni Lampung Selatan (KSKP). Kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan daging celeng, dari Sumatera. Sebanyak 18 (delapan belas) karung atau seberat lebih kurang lebih. 700 (tujuh ratus) Kg. Telah di amankan petugas KSKP. (2/2/21). Tanpa dilengkapi Dokumen resmi yang mau di pasarkan ke pulau jawa.

di ketahui ratusan kilo gram daging celeng tersebut tidak di lengkapi Dokumen yang Syah, Seperti kegiatan biasanya,petugas kskp melakukan pemeriksaan setiap kendaraan yang keluar masuk kawasan Pelabuhan Bakauheni, sekira jam 05.00 wib di Areal Pintu Masuk telah dilakukan pemeriksaan terhadap 1 (satu) unit kendaraan minibus, Daihatsu GrandMax warna Silver Metalik Nopol : B 2154 TZZ yang di kendarai oleh Sdr. OCTAVIANUS(22) yang mencurigakan para petugas.

Kendaraan roda empat yang kosong Namun bawaannya berat, hasil pemeriksaan mobil tersebut ternyata membawa Daging Celeng (B2) yang di tutupi dengan plastik warna hitam dan terbungkus rapi dengan karung putih.

Berdasarkan keterangan dari Sdr. OCTAVIANUS bahwa Daging Celeng tersebut diangkut dari daerah Kampung Bali Tri Darma Yoga kec. Ketapang Kab. Lampung Selatan. Yang rencananya akan dibawa atau dikirimkan ke daerah Tangerang. Banten. Namun ia hanya bisa menyangkal bahwa dirinya hanya sebagai kurir saja. dengan ongkos Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) untuk sekali pengiriman dibayarkan ketika sudah sampai ditujuan.

Sementara itu dari hasil penyelidikan Kapolsek KSKP. AKP Ferdiansyah, serta mewakili Kapolres Lampung Selatan. AKBP. Zaki alkazar nasution. Mengungkapkan barang bukti alat angkut dan juga pengemudi berikut Daging Celeng (B2) tersebut kami sita akan dibawa langsung ke kantor KSKP Bakauheni untuk dimintai keterangan dan diproses lebih lanjut.

“Ya tentu hal ini melanggar
Pasal 88 huruf a dan c UU RI No. 21 Tahun 2019 tentang Karantina Ikan, Hewan, dan Tumbuhan”. Tuturnya.

Kini Barang Bukti kita amankan langsung untuk pemeriksaan lebih dalam lagi, hingga bisa mengukap siapa dibalik semua ini. Dihadapan petugas pelaku hanya bisa terdiam dan menunduk saja, bahwa dirinya baru tiga kali ini melakukan aksi Tersebut menyelundupkan daging celeng, dari Sumatra ke pulau Jawa.

Tterkait kegunaan daging celeng tersebut, Petugas Kepolisian KSKP Bakauheni akan melakukan Pendalaman lanjut apa buat apa kegunaannya. Namun kami akan berKordianasi dengan petugas Balai Karantina kelas satu bandar Lampung.”ungkapnya”(Tg).