Puluhan Sawah di Desa Pelajaran, Jarai Gagal Panen Tersapu Banjir

Puluhan Pekarangan sawah terbentang tengah menguning, siap panen di Desa pelajaran tersapu oleh banjir yang menghantam wilayah tersebut.(Photo), Andi

KabarNewsOne, Lahat – Sumatera Selatan – Pasca Banjir Bandang Menghantam wilayah kawasan Kabupaten Lahat – Sekitar 10 kecamatan terendam banjir Bandang ratusan hektar sawah gagal Penen. Sabtu (11/3/2023).

Beginilah kondisi beberapa Desa di kecamatan Jarai kabupaten lahat, puluhan Hektar sawah siap panen gagal, di sapu oleh banjir bandang yang menghancurkan ladang sawah milik masyarakat pelajaran dan Pama Salak serta Nantigiri.

Andi warga Pelajaran yang menjelaskan bahwa desa tiga serangkai di wilayah pelajaran kabupeten lahat saat persis laut, karena debit air yang menggenangi daerah tersebut. ” Bahkan dirinya menjelaskan banyak sawah harapan masyarakat sekitar yang akan panen, terancam gagal semua.

Padahal itu adalah harapan warga untuk kebutuhan masyarakat sekitar, namun dirinya tak memungkiri karena ini adalah teguran dari Allah, bencana alam ini.,” terangnya.

Menurut warga sekitar bahwa kawasan wilayah pelajaran dan sekitarnya ini, tak pernah banjir separah ini, Air lintang tidak pernah meluap sampai menghantam ke pemungkiman warga kampung.,” terangnya.

Hal ini di Sebab akibat debit air yang cukup tinggi kiriman dari ulu. Hingga membendung dan menghantam hamparan sawah yang tengah menguning, namun sia-sia semua gagal. , ” Pungkasnya janing ini semua teguran dari Allah.

Area Kabupaten Lahat dihantam Banjir Bandang

Kita berharap hutan-hutan yang ada jangan sampai digunduli semua, karena resapan air mau kemana lagi, bahkan banyak pertambangan yang tengah dikeruk oleh orang. Bukan buat rakyat, hanya kepentingan segelintir orang saja.Paparnya. (Mirhandi)