Ditemukan Goa Dengan Ukiran Di Dinding. Diyakini Peninggalan Bersejarah

https://youtu.be/7GAIRR1V_so

KabarNewsOne, Pagaralam, Sum-Sel- Sebuah goa ditemukan di hutan Desa Rimba Candi, Pagaralam, Sumatera Selatan. Penemuan ini tentu membuat geger warga. Mereka meyakini kalau goa ini merupakan peninggalan sejarah.

Hal ini diperkuat dengan adanya ukiran yang menyerupai kuba masjid, tulisan Allah, serta ukiran yang menyerupai tengkorak kepala manusia di dinding pintu masuk goa. Di samping pintu masuk goa juga terdapat air terjun.

Ansory, warga Desa Rimba Candi yang ditemui awak media mengungkapkan, selama ia tinggal, sejak tahun 1974, tidak pernah melihat adanya goa. “Kalau air terjun, kami sudah lama tahu,” katanya.

Lebih lanjut Ansory mengungkapkan, warga sempat menyusuri goa yang panjangnya diperkirakan mencapai 15 meter, dan tinggi 5 meter itu. “Tapi penelusuran kami akhirnya terhenti karena kondisi di dalamnya cukup gelap dan jalannya juga hanya setapak. Kami takut, ungkap Ansory.

Atas temuan ini, masyarakat Desa Rimba Candi, langsung bergotong royong membersihkan kawasan hutan. “Ini adalah temuan langka. Rencananya kami akan jadikan tempat ini sebagai objek wisata,” tambah Ansory.

Sayangnya, warga Desa Rimba Candi masih harus menunggu lama untuk mewujudkan rencana mendirikan tempat wisata di area penemuan goa. Hingga saat ini, baik tim arkeolog Sumatera Selatan, maupun Pemerintah Daerah Pagaralam, belum ada yang peduli atas penemuan goa yang diyakini warga sebagai situs bersejarah ini. (kiki)