Vaksinisasi dimulai, bagaimana efek sampingnya? Cemas dan was-was

KabarNewsOne,Jkt, Hari ini, Rabu 13 Januari 2021, Indonesia memulai vaksinasi Covid-19. Presiden Joko Widodo akan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 produksi Sinovac.

Vaksinasi perdana akan menyasar tenaga kesehatan. Tahap awal menargetkan 1,48 juta tenaga kesehatan yang berlangsung dari Januari hingga Februari 2021.Setelah tenaga kesehatam, vaksinasi membidik petugas pelayanan publik dan kelompok lanjut usia (lansia).

Sementara itu berkaitan dengan vaksinisasi
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr Nadia Tarmizi berharap  masyarakat jangan takut terhadap efek samping yang mungkin timbul setelah mendapatkan vaksin virus corona.

Meski demikian, kemungkinan akan ada beberapa efek samping, yang merupakan tanda normal bahwa tubuh sedang membangun perlindungan terhadap virus corona setelah disuntik vaksin Covid-19. 

Sebelumnya Dalam jumpa pers, Senin (11/1/2021), Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito  memastikan, berdasarkan hasil uji klinis, dipastikan vaksin Covid-19 yang akan digunakan dalam program vaksinasi nasional aman. Vaksin Covid-19 tidak menimbulkan efek samping serius.

Lantas sejauh mana dampak yang akan  muncul pascavaksinisasi covid-19 yang dimulai dari Istana ? Dan bagaimana kelanjutan vaksi buat rakyat, masyarakat masih bingung dengan adanya vaksinasi Covid 19 ini.