Windy Cantika Aisah Meraih mendali Perunggu, Olimpiade Tokyo

Windy Cantika Aisah, Meraih mendali pertama cabang olah raga, angkat besi di olimpiade Tokyo, (Photo), Istimewa

KabarNewsOne, Jakarta – Dunia olah raga Indonesia cabang Olahraga Angkat Besi, hari ini kembali dikejutkan Mendapatkan Mendali Pertama Indonesia diraih Langsung oleh lifter Muda Windy Cantika Aisah, yang memperoleh mendali Perunggu, Olimpiade di Tokyo. Sabtu (24/7)

Selamat Medali Pertama Indonesia diraih oleh lifter muda Windy Cantika Aisah yang berhasil memperoleh Medali Perunggu pada cabang olahraga Angkat Besi dengan total angkatan 194kg (Snatch 84kg, Clean and Jerk 110kg).

Hal ini langsung direspon oleh menteri olahraga, Pada angkatan Clean and Jerk, Windy Cantika memanfaatkan kegagalan yang didapatkan wakil Amerika Serikat sehingga ia menempati posisi ketiga dan berhak atas medali perunggu

Bertanding di Tokyo International Forum, Sabtu (24/07/2021), Windy Cantika meraih medali perunggu lewat total angkatan 194 kg. Bukan hanya medali perdana Indonesia, ini juga medali pertama untuk Windy Cantika pada ajang Olimpiade.

Windy memang sudah bersaing masuk tiga besar sejak angkatan snatch. Mendapat tiga kesempatan, ia memiliki angkatan terbaik 84 kg dan menempati posisi keempat.

Lifter andalan Cina, Zhi Hui melakukan angkatan clean and jerk yakni 109 kg, yang menempatkannya sebagai peraih medali emas dengan total angkatan 203 kg. Medali perak berhasil diraih oleh Mirabai asal India, dengan total angkatan 197 kg.

Sesuai prediksi berbagai kalangan, angkat besi menjadi satu dari tiga cabang yang berpeluang memberikan medali pertama buat Indonesia di Olimpiade Ini

Selain panahan dan menembak. Indonesia meloloskan lima wakil dari angkat besi, yakni Eko Yuli Irawan yang turun di kelas 61 kg putra, Windy Cantika Aisah di kelas 49 kg putri, Deni di kelas 67 kg putra, Rahmat Erwin Abdullah di kelas 73 kg purta, dan Nurul Akmal di +87 kg putri.

Sementara itu, di grup B, yang memulai pertandingan lebih dulu yakni pukul 09.00 WIB, lifter Kuba Ludia Marguiela pada posisi pertama dengan total angkatan 178 kilogram snatch, 82 kg dan clean and jerk, 96 kg.

Disusul atlet angkat besi asal Republik Dominika, yakni Beatriz Elizabeth Piron dengan total angkatan 176 kg (81 kg dan 95 kg). Pada peringkat ketiga dengan total angkatan 173 kg (78 kg dan 95 kg) ditempati atlet Brazil, Nathasha Rosa Figuiredo.

Pada angkatan Clean and Jerk, Windy Cantika. memanfaatkan kegagalan yang didapatkan wakil Amerika Serikat sehingga ia menempati posisi ketiga dan berhak atas medali perunggu,