Empat Kabupaten di Kal-bar tingkat kematian tertinggi akibat DBD

Pj Gubernur Kalimantan Barat Harrison Azroi, menjelaskan Empat Kabupaten di Kal-bar tingkat kematian tertinggi akibat DBD, (Photo), Dok KabarNewsOne

KabarNewsOne, Kalimantan Barat – Pj Gubernur Kalimantan Barat Harrison Azroi menjelaskan ada Emat wilayah kabupaten di daerahnya saat ini mengalami kematian tertinggi, akibat dari penyakit kasus DBD. Antara lain yaitu Sanggau, Mempawah, Kubu Raya, Sintang, Landak namun yang paling tinggi adalah kabupaten sekadau,  ucapnya. Senin (2/10/23)

Kabupaten sekadau sendiri hingga hari ini mencapai 156, kasus korban dbd, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya memang tahun ini yang paling para, ” pungkasnya.

Tingkat kematian karena DBD itu, mencapai 4, 9 %. Sedangkan wilayah lain 2,5 % kini landak mengalami 2,5 %.dengan angka toleransi kasus kematian sebesar 1%, ” terangnya. akibat dari kasus demam berdarah yang meresahkan masyarakat. Penyakit tahunan memasuki musim hujan.

Gubernur Kalimantan Barat Harrison meminta agar semua kepala daerah setempat untuk peduli terkait kasus penyakit DBD tersebut., ” tegasnya

Bahkan dia menghimbau agar semua instansi kesehatan agar segera menyiapkan pelayanan kesehatan, yang maksimal mungkin bagi masyarakat nya,  termasuk juga rumah sakit dan puskesmas. Segera atasi korban yang terdampak dari Demam berdarah.

Selain itu juga ia meminta peran aktif masyarakat dan perangkat desa, saling bahu membau peduli dengan gotong royong, di tempat lokasi lingkungan, dimana tempat tinggal mereka, bersihkan dengan pola yang dianjurkan oleh tim kesehatan, apalagi saat ini cuaca lagi tidak menentu, masing-masing instansi saling peduli., ” katanya.

Sementara itu juga dirinya kembali menegaskan kepada semua kepala daerah di kalimantan barat baik bupati, walikota juga tingkat kecamatan lebih berperan aktif, peduli terkait merebaknya kasus demam berdarah saat ini. ,” Cepat tanggap kalau perlu melihat kondisi yang makin parah, tetapkan daerah tersebut. , ” Segera layani masyarakat jangan sampai ada yang terlantar, ” himbaunya

Harapan Gubernur kal-bar, Masyarakat juga jangan hanya mengandalkan Fogging saja, bersihkan semua sarang nyamuk tempat mereka berkembang biak, serta lakukan 4M. Sesuai dengan anjuran pemerintah dan lembaga kesehatan.

Ayo kita waspadai penyakit demam berdarah agar tidak merebak dan memenuhi rumah sakit dan temat lainya, ” himbau Harrison. (Defi)