Merapi Siaga, Warga Waspada.

KabarNewsOne,Jogja-Pasca perkembangan Aktivitas Gunung Merapi terpantau tinggi kemarin. Sejak pagi hingga siang tercatat Merapi mengeluarkan puluhan kali awan panas.

Warga di sekitar Gunung Merapi meletus segera melakukan evakuasi. Sirine pertanda Gunung Merapi meletus juga dibunyikan agar tidak ada warga yang tertinggal, di lokasi kawasan tersebut.

Sementara ada juga warga yang awalnya sempat kaget dan panik melihat awan panas namun beberapa saat sudah kembali kerumah masing-masing.

Bagaimana situasi terkini dampak dari letusan gunung merapi terhadap keselamatan dan aktivitas warga? Dan Bagaimana analisa ahli gunung api mengenai letusan kali ini? Kemana arah erupsi merapi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sleman menyatakan ada tiga titik evakuasi warga setelah erupsi Gunung Merapi sejak Rabu, 27 Januari 2021.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan menuturkan titik pertama adalah barak pengungsian Purwobinangun.

Titik evakuasi kedua adalah barak pengungsian Plosokerep yang diisi 1 KK atau 10 jiwa dari Kelurahan Umbulharjo. Menurut Makwan, mereka melakukan evakuasi mandiri karena masih merasa khawatir dengan situasi Merapi.
Titik evakuasi berikutnya adalah barak pengungsian Glagaharjo yang sempat diisi 41 jiwa dari Kalitengah Lor. Makwan mengatakan, sebagian dari mereka sudah kembali ke rumahnya masing-masing dan tersisa 5 jiwa yang masih mengungsi di barak.

Bagaimana penanganan pengungsi dilokasi penampungan? Bagaimana aktivitas Merapi pasca erupsi kemarin.

Exit mobile version